Monday, January 25, 2010

1/4 abad

today is my birthday...
so much wishes come to my phones, fb, twiter...
thanks for all d wishes

i reckon this as my grief bday...yet most faithfull bday i ever had

2 weeks ago, i got news that my daddy got an ache in his eye. he sees a little shadow in his left eye. But i dont think it's serious cos he said that it was under controlled

honestly i was thinking "hey, it's the eye man.. dont take it lightly"

and the peak of the bad news came a week ago.. My aunty, daddy's youngest sister, who lives in Jakarta told me to push my dad to take more serious treatment to his eye.

(btw cape ya ngmng enggresan.. back to campursari aja ya hahaa)

Aunty bilang kalo mertuanya bosnya ngalamin hal serupa bbrp bulan lalu. dan ditunggu2 jadinya malah ngrembet ke mata sebelah satunya... dan parahnya pas di bawa ke spore, it was too late. her right eye ga tertolong. skrg uda buta sblah.

WHAAT?
sparah itukah?

Bad thoughts and worries came to my mind... "my poor daddy, uda ga punya tangan satu- click here to read the story of this arm things - masak kudu sampe ga punya mata satu jg?? )
sketika itu juga aku narik pikiran burukku
ga
aku punya Tuhan, aku punya iman
aku harus percaya nothing bad happens
(kalopun terjadi, ada rencana yg JAAAUUUUH lebi besar tersedia buat kami)

pas telepon papa, dia bilang o gapapa udah ngering
wait...
let me tell you the pnyakit.

pembuluh darah mata kiri papa sobek dan akirnya darah yg ada menutupi penglihatannya. dari luar ga kliatan karena darahnya masuk ke jelly mata (disebut vitreus). Yang jadi bikin bahaya ialah this vitreus mlekat erat ama retina. di kasus papa darah itu kudu ngendap dulu supaya bisa difoto dan diketahui sumber bocornya. Kalo ida ktauan akan bisa dilasik.

abis dia bilang uda mulai ngering aku sdikit lega...
eeeh tapi tb2 hari selasa lalu.. he called me, and ask "ti.. kamu isa jemput papa ga besok d bandara.. trus anterin papa ke dokter hari kamis"

tanpa pikir panjang aku lgsng mengiyakan
smua janji aku cancel ato aku serahin ke dennis.

ternyata tb2 pandangan papa yg tadinya tertutup sebagian kecil skarang udah hampir 2/3nya ketutup. dia jd cukup panik dan ngambil kputusan utk menerima tawaran my aunty ke jkt. (untungnya my aunty dengan sigap daftarin utk bisa check hari kamis di klinik mata nusantara)

kamis pun tiba, aku anterin, aku ikuti dia masuk ke stiap ruangan dmana dia diperiksa...
aku dengerin smua pnjelasan dokter..
aku check ke google apa itu vitrektomi, apa itu vitreus, knapa itu terjadi...

kesimpulannya ga ada penyebab khusus. ini smua emang gen orang Asia. Pemicunya adalah tekanan darah tinggi, diabet, ato angkat tll berat

papa emang ounya tkanan darah tinggi tp sbnernya udah under controlled. brarti masalahnya tingga di angkat2 berat.. karena spulang papa dari dkter d sby ke jbr yg ptama kali itu, ban mobilnya bocor.. dia dengan sigap mendongkrak mobil dengan satu tangannya... udah nunduk, use a lot of power pula.. itu yg nybabin pendarahannya melebar

untungnya pndarahan masi jauh dari pusat penglihatan.

alt2 slain ditunggu pengendapan ialah dengan operasi untuk mbersihin vitreus itu. dengan gitu dapat difoto dan dketahui sumber bocornya.

masalahnya lagiii... Dr. yg kita percaya bagus itu baru bisa dtg februari. dia lagi di luar negri (he's one of top four dokter mata d dunia)

akirnya kita cari alternatif laen, dngan tanya ke bosnya aunty.. dia rekomen untuk segera ditangani drpd telat... dia bahkan nyuruh ponakannya yg udah ngerti banget ama spore dan perdokteran dsana untuk nemeni papa. (mgkn dia ga pengen kecolongan kayak mertuanya itu)

stlah melalui perbincangan dan musyawarah via telepon dengan kluarga besar akirnya diputuskan utk brgkt ke spore..
yep Today is his flight.

jam 2 aku hrs jmput dia di rmah aunty and anter dia ke airport. aku ga bisa anter dia.. satu krn aku ga punya paspor, dua aku ga tll berguna dsana. so my aunty and ponakan bos lah yg akan nganter papa.

khawatir? takut? kasihan? sedih?
off course i felt it.. but i learn worry and sadness never make anything better.
i learn to have faith.. i learn to think the positive way..
then i tried to find what positive things happen?
satu hal yg kulihat, koko dr papa sempet ga mau nyapa papa, intinya dia smpet musuhin papa. dengan adanya ini dia bersedia untuk rembug, bahkan ikutan untuk mikir the best option.. hmmm.. apa lagi ya? mgkn blum kliatan tp aku yakin pasti ada sesuatu yg baik di depan sana..

krn aku percaya Tuhan berjanji slalu nemeni kita dalam keadaan apapun. and he promised that everything is good.
bukan brarti Dia berjanji hari akan slalu cerah, tapi Dia berjanji apapun yg terjadi Dia slalu berada di sisi kita.

It's time to focus on His promises, not on the problems...


hmmm baru aja aku siap bersuka dengan menetapkan hari ini as Juwt day, the day everyone should feel joy, hahahaha narcis bangeet hahaha

i got bad news again

Cikyen, my good sister,(bukan cie cie kandung si< but she's like my real sister to me)... bbrp mggu lalu ngasi kabar dia positif hamil.
Pagi ini, dia sms slamat ulangtahun disertai "km ga jadi punya ponakan han, aku keguguran. bayinya meninggal"

what a sad news...

hmmm

once again i learned to hav faith

i believe it is not the Blackest birthday
i believe it is the most faithfull birthday

so dont worry...
have faith and keep the joy

Let's face it and walk through His beautifull path

Have a joyfull juwtday everyone
:)

GBU

No comments: