Monday, July 27, 2009

Musisi or Musuhsih?

Musisi yang akan tak bahas kali ini seringkali menganggap dirinya musisi, walopun untuk nyanyi nada F aja kluarnya Em… Yep… They are Musisi Jalanan. P-E-N-G-A-M-E-N.
I always respect any perngamen yg emang ada skill. Cuma masalah nasib dan skill memanfaatkan peluang aja yg mbuat dia berada di jalanan, di warung warung, di stasiun, di atas bis kota, ato bahkan yang ada jalanan depan rumah.
In my bus ride a few weeks ago i had an experience, a good one, with pengamen. Dan lucunya they’re cool! Apa yg bikin mreka cool?
1. his voice is totally cool. Serak basah. Ada karakter kayak broery.. campur beatles gitu hahahaha.. jadul si tapi mnyenangkan. Dan ga tau, mgkn karena aku suka beatles, jadi ikut nyanyi dan jadi rela ngasi lebih banyak dari biasanya hahaha..
2. He is so nice… murah senyum dan helpful. Beberapa kali kuperhatiin dia ngga pelit nglempar senyum ke bapak bapak, mas mas, mbak mbak, ibu ibu yang sedang mnikmati suaranya. Dan yg ga sering juga tangannya yg tiba tiba dengan sigap mentoel pnumpang yg sedang berdiri… hanya untuk memberi isyarat kalo masi ada tempat duduk yg ga diktahui ama si standingpassenger.
3. They have their own positioning. Like that 2 attitude di atas. Ga lama stlah si broerytles(broerybeatles) turun, ada satu pengamen lagi yg tiba tiba ngoceh bntar “selamat siang bapak ibu, terimakasih pak supir yang baek….bukannya mau minta minta… tapi ini hanya karena nasib… ijinkan saya ngamen saudara saudara”. Aku ga sbrapa suka dengan kata kata pembuka ini apa lagi disambung dengan lagu lagu yg dibawainnya lagu lagu rohani jaman ku skolah minggu… feel like “o my God… “ but anyways… he got his positioning.. I bet kalo ada bbrp org kristen yg naek situ pasti ngasi… soalnya sering temen ato sodara yg ngasi pengamen simply because of that. HAH!... baru aja si “HOLY” turun dateng tukang koran, bukan musisi sih but good way to sell something for a tukang koran on the bus (sambil membawa satu koran dan dibeberkan ke arah para penumpang dia berceloteh) “KPU kebingungan, Ternyata form pemilihan sudah banyak yang tercontreng” Dia tau apa yg dia bawa (USP) dan dia tau apa yg paling ngetrend… dan dibawain dengan nada yg hampir mnyerupai pembawa berita di TV… hahaha nice one sir!!

Like what I learned so far… to deliver the message u got, speak with their language! Hahaha salut ama para musisi jalanan ini…(trmasuk tukang koran itu)…
Unfortunately, tonight I found another type of musisi… Sperti biasa, aku yg kejam ini lgsng mlambaikan tangan ke pengamen yg dateng dengan suara ngaco…. EH ternyata… dia emang sengaja da ngliat ke kita. Matanya ke bawah trus. Kubiarkan lah dia nyanyi ato lebih tepat disebut tereak tereak ga jelas. Sekali lagi aku lambaikan tangan malah ditambah suara “Ga Mas”
Masih menatap bawah, kali ini malah sambil merem merem ga jelas. Kubiarkan lagi sambil menyantap sateku. Lama lama kok makin ga enak ya nih orang nyanyi… kutoleh dia skali lagi dengan suara yg aga kenceng dikit “NGGA MAS” karena emang di dompetku ga ada uang kecil dan aku ga rela ngasi dia dengan uang aga besar hahaha….
Tapi ya tetep kayak orang ngrengek dia nyanyi. Ga pindah juga dari mejaku. HAH!!! Ga tau diri!!! Sebel deh akirnya… aku minta ke ibu tukang jual sate seribuan(yg nantinya aku bayar skalian sate) biar dia pergi. Then… I just think “And they call themselves musisi? HAH! Musuh sih iyaaaa…”
Bedanya musisi ama musuhsih di sini nih: musisi dibayar untuk bermusik, dibayar karena musiknya enak dinikmati. Kalo musuhsih “Dibayar untuk pergi.”

Even pengamen shoul live their life to the fullest. Give the best. Not just dibayar untuk pergi.

So folks… be like the musisi not the musuhsih.

2 comments:

emmy said...

emg km naik bis brapa lama kok bisa enjoy gitu ngliat performa2 musisi cek akehe.. hahahaha

Aditya Pandu Satria said...

hahah emang langsung ganti trus.. itu cuma di jalan gatot subroto.. dari semanggi ke hero... :) ga ada jeda. satu turun satu naek... bgitu trus