Monday, September 28, 2009

Berani Pangkal Sukses?

Minggu, 270909
Setelah 2 jm ibadah.. ternyat masi ga cukup juga untuk ngabisin waktu bareng ROLers… 5 jam brikutnya aku habisin bareng ROLERS cabang GalaxyBP E3… makan siang dan ngbrol di GBPE3… abis itu langsunglh aku mluncuuuurr ke TP persis spt janjian ku ama koko untuk makan malam bareng koko(brother), saosao (sist in law), qinjia (baca jincia---sao’s father), and qinjiamu(baca: jinciamu—sao’s mother).. abis makan ternyata kayaknya masi ada yg kurang… apa ya? Hmm DESERT!!!! Kita akirnya nglangkah ke pionir frzen yoghurt di Indonesia yg baru saja buka outletnya di TP bbrp mggu lalu.. so di Surabaya it’s a new thing…..
koko, “Brani ya orang yg buka bisnis ini.. kan blum pernah ada di indonesia sblumnya… kalo ga laku gimaanaa? Untung aja laris…”
jincia,”ya namanya bisnis smua ya harus gt.. apa saja.. lu liat bisnis mobil sukses trus lu mau buka bisnis mobil.. Butuh kbranian lho…”
koko saosao(my sist inlaw) and me off course manggut manggut tersenyum setuju kayak anggota DPR pas lagi rapat bedanya kita memang ngerti kalo apa yg kita denger ini benar adanya.. kalo DPR… hmmm artiin sendiri laah hehe
jincia nglanjutin,” yang penting itu emang harus brani.. kayak lu han (nunjuk ke arahku yg dari tadi masi sungkan ngbrol casciscus ama besan ini).. kan lu masi muda.. lu harus brani kalo mau kerja… orang tu kalo kerja lebi lama dari 5 taun kehilangan kbranian… jangan lama lamaaa… 2-3 tahun trus nglangkah… memang ga gampang.. pasti banyak rintangan tapi harus braniiii…”
(aku yg masi masang muka bengong ala siamang lupa naro kacangnya berkata dalam hati….”aku si uda nglakuin itu tapi kbranian itu cuma sekedar ada di kata kata.. kayaknya aku sndiri masi bimbang… bner ga si yg taklakuin iniii???)
koko, yg tau kalo aku sbnernya masi bimbang (kata papaku “MAMONG” ---ga tau bahasa mana, madura mgkn, pokonya kayak org yg mau kana ngga, kiri juga ngga, jadi ga nglangkah) dengan apa yg aku lakuin… terlempar bbrp hari yg lalu pertanyaan bernada putus asa dan minta pndapat dari mulutku ke papa…”Apa aku enak skolah lagi ya?)…. Eh kok jadi crita laen.. kmbali ke kalimat pertama di alinea ini… koko, yg tau aku masi bimbang nyahut,
“iya itu pa… han2 ini lagi bingung enaknya skolah ato nerusin kerjanya…bla bla bka….”
Jincia dengan smangat mncoba memberi petuah… isinya sbnernya mirip ama yg papaku bilang beberapa hari lalu… have a purpose.. decide quickly… and do it…
Jincia, “Doing for learning eh apa itu peribahasanyaaa?? Learning….doing???
Smua., “Learning by doing?”
Jincia, “Yaaaaa!! Itulaaah… learning by doing.. gituuu… yg penting bukan learningnya.. tapi DOING nyaaa…. Baik mau skolah ato lanjut krja lu harus decide cepetan dan yg pasti DO it!! Kalo mau ke china ga ngerti bahasa… sikaaat aja.. yg penting brani dulu.. lama lama bisa sndiri kok…”
Brikut ini kata2 yang cukup mngesankan aku malem itu dari jincia… basic thing but very important… sambil melangkah keluar sour sally.. tiba tiba dia mbalikkan badannya ke arah ku dan bilang ini:
“Han… lu inget2 kata gua.. nomor satu itu Keberanian!!!... trus tau ga lu yg nomer 2? Nomer 2 tetep kbranian!! Nomer tiganya… Keberanian!!!”
wooo… that’s some brave statement about bravery….
Aku manggut2 tanda aku stuju… lalu aku mikir… brani itu sbnernya muncul dari sebuah kpercayaan diri.. kpercayaan diri muncul dari mana? Banyaaaak… ada orang yg kbraniannya muncul dari sebuah pengenalan diri / tau skill dan pengetahuannya emang mumpuni, ato dari banyaknya akses bantuan yg kita miliki ato satu lagi adalah Iman! Iman akan janjiNya yang ga akan ninggalin kita… iman akan kepedulian dan campur tanganNya akan hidup kita… itu akan memunculkan apa yg disebut keberanian tadi…
Hal inilah yg slama 2 bulan trakhir ini aku mulai lupakan… Always ngdumel.. bersungut2 tapi ga percaya.. apa lagi Do something.. lha wong akunya ga pede kalo aku punya kbranian itu… kalopun do something kayak ada yg ngganjeeeel aja….
thanks to my beloved father… brother…mother… my cell group friends.. and this kind jincia… now I remember about what to do.. I remember my God.. I need God more…
this reminder is not the end-result.. it’s not a winning yet.. it’s still a sound of the War Drums… the sound of the long fight… the beginning of a new phase of my life… phase of my life that I would like to call it “HOPE And Surrender”
can I? I have to!!!

1 comment:

emmy said...

berani wet.. asal ga ngawur!! hehehe..